Konstruksi Penafsiran Ayat-Ayat Muhkamat dan Mutasyabihat sebagai Hujjah

Haryadi Haryadi

Abstract


Mazhab Allah SWT menurunkan Al-Qur’an kepada hamba-Nya yang tidak dapat diragukan lagi, merupakan petunjuk bagi orang yang bertaqwa. Untuk inilah kita menggali ini al-Qur’an itu untuk mengetahui isinya, pada zaman Nabi tidak begitu banyak ditemui kesulitan dalam mengetahui maksudnya, sebab Nabi sebagai penafsir yang pertama disamping menerima wahyu, dan kalau tersalah dalam menafsirkannya Allah SWT langsung membenarkannya. Pada Sahabat banyak pula yang mempelajari tafsir ini begitu juga generasi selanjutnya banyak yang bersunguh-sungguh mempelajari tafsir ini. Tulisan ini mengungkapkan kembali pendapat Ulama tentang ayat Mutasyabihat, apa ayat mutasyibihat itu bias dicapai pengertiannya atau tidak, ternyata ada ayat mutasyabihat itu dapat dicari pengertiannya da nada yang tidak dapat dicari pengertiannya yang sebenarnya, dengan ini jelas ayat mutasyabihat yang dapat difahami pengertiannya sama kedudukannya dengan ayat yang muhkamat yang menjadi pegangan dan sandaran bagi segala tindak tanduk kita sehari-hari. 


Full Text:

PDF

References


Abduh, Muhammad. 1346. Tafsirul Qur’anul Karim. Kairo: Al Manar.

Bustani, Karim, Abu Yusu’i, and Adil Anda. 1977. Al Munjid Fil Lughat. Beirut: Mutiara.

Departemen Agama. 1991. Al-Qur’an Dan

Terjemahannya. Edited by Penyelenggara Penterjemah Jakarta: Bumi Restu.

Yayasan Al-Qur’an.

| Ijtihad: Jurnal Hukum Islam dan Pranata Sosial Vol. 34 No. 1 Juni 2018 (91-102)

Hasan, H.A., Zainal Arifin Abbas, and Ahmad Haitami. 1957. Tafsir Al-Qur’anul Karim Juz III. Medan: Yayasan Amal Bhakti.

Isa, Muhammad Abdul Azim Azzarkani. n.d. Manahilul Irfan Fi Ulumil Qur’an. Mesir: Mustafa al Babil al Halabi.

Qaththan, Manna Khalil. 1976. Mabahits Fi Ulumil Qur’an. Riyadh: Darul Quranil Karim. Ridha, Muhammad Rasyid. 1346. Tafsirul

Qur’anul Hakim Juz II. Kairo: Al Manar. Yunus, Mahmud. 1997. Kamus Arab Indonesia. Jakarta: Yayasan Penyelenggara

Penterjemah Penafsiran Al-Qur’an.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter 

Ijtihad Visitor 

Creative Commons License
Ijtihad by Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.