Konflik dan Sengketa Perkawinan di Kecamatan Kapur IX Kabupaten Lima Puluh Kota

Witia Oktaviani

Abstract


Penelitian faktor Penyebab Konflik dan sengketa dalam perkawinan bertujuan untukĀ  mengugkapkan fakta penyebab terjadinya konflik yang mengakibatkan sengketa dalam perkawinan. metode penelitian ini yaitu penelitian lapangan dengan mendapatkan data langsung dari informan. Berdasarkan data yang diperoleh, penyebab konflik yang mengakibatkan sengketa dalam perkawinan adalah perbedaan antara suami dan isteri yang meliputi perbedaan budaya, pendidikan dan pernikahan tanpa restu orang tua serta perjodohan yang ditentang oleh pihak yang dijodohkan (suami dan isteri). Selanjutnya Proses penyelesaian konflik yang mengakibatkan sengketa dalam perkawinan yaitu sikap diam atau saling menenangkan diri antara suami isteri, kemudian nasehat-nasehat dari masing-masing pihak keluarga. Selanjutnya, penyelesaian sengketa dalam perkawinan yaitu dengan medudukkan ninik mamak, dengan cara menghadirkan masing-masing ninik mamak, baik ninik mamak dari pihak suami maupun ninik mamak dari pihak isteri. Namun, jika tidak terselesaikan dan sengketa masuk ke pengadilan agama, maka melalui mediasi, pihak mediator berupaya untuk mendamaikan sengketa suami isteri. Selanjutnya nagi pasangan seorang PNS wajib menghadap BP4 sebelum melakukan mediasi di Pengadilan Agama.

Full Text:

PDF

References


Nur Adlynd, Asila, Dan Siti Marziah Zakaria, 2019. Konflik, Penyesuaian Hidup Dan Kualiti Perkahwinan Pada Awal Usia Perkahwinan, Jurnal Wacana Sarjana, Volume 3(4).

Aprianti, Kareti, 2016. Gambaran Gaya Resolusi Konflik Pada Pasangan Yang Menikah Dini Di Kabupaten Bandung. http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2016/12/Kareti-Aprianti.pdf

Devita Sari, Teti dan Ami Widyastuti, 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Kemampuan Manajemen Konflik Pada Istri. Jurnal Psikologi, Volume 11 Nomor 1.

Febrian Saputra, Niken Hartati, Yolivia Irna Aviani, 2014. Perbedaan Kepuasan Pernikahan Antara Pasutri Yang Serumah Dan Terpisah Dari Orangtua/Mertua, Jurnal Rap Unp, Vol. 5 No. 2.

Febrianto, Adrian, 2019. Sengketa Gukum dan Penyelesaian.

https://www.andrianfebrianto.com/2019/10/sengketa-hukum-dan-penyelesaian.html

Handayani, Nita S Dan Intaglia Harsanti, 2017. Kepuasan Pernikahan : Studi Pengaruh Konflik Pekerjan-Keluarga Pada Wanita Bekerja. Jurnal Psikologi Vol. 10 No. 1.

Haryanti, Amelia, 2017. Penyelesaian Sengketa Pembatalan Pernikahan Karena Adanya Penipuan Status Istri. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 4, No. 2.

Hanifah, Mardalena, 2019. Perkawinan Beda Agama Ditinjau dari Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan.

Jamilah, Fitrotin, 2019. Peranan (Bp4) Dalam Membina Keluarga Sakinah Dan Penyelesaian Penyelisihan Perkawinan Islam. Jurnal Al-Fikrah Vol. 2 No. 1.

Listamin B, La Ode Monto, Dan Muh Arsyad, 2018. Konflik Perkawinan Dan Cara Penyelesaian Melalui Tokoh Adat (Studi Di Desa Labone Kecamatan Lasalepa Kabupaten Muna). Neo Societal; Vol. 3; No. 2.

Marpensory, 2017. Penyelesaian Sengketa Perkawinan Melalui Peradilan Adat Di Kecamatan Tanjung Kemuning, Jurnal Qiyas Vol. 2, No. 1.

Megayanti Phada, 2017. Bentuk-Bentuk Konflik Pada Keluarga Nikah Dini (Kasus 5 Keluarga Di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu). Skripsi Bentuk-Bentuk Konflik Pada Keluarga Nikah Dini (Kasus 5 Keluarga Di Desa Boneposi Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu).

Mahfudin, Agus dan Siti Musyarrofah, 2019. Dampak Kawin Paksa Terhadap Keharmonisan Keluarga. urnal Hukum Keluarga Islam Volume 4 , Nomor 1.

Nikah Dini Tidak Izin Orang Tua, Pernikahan Bisa Dibatalkan. https://law.ui.ac.id/v3/nikah-dini-tidak-izin-orang-tua-pernikahan-bisa-dibatalkan/

Wahyu Sururie, Ramdani, 2016. Problem Penyelesaian Sengketa Perkawinan Melalui Mediasi Dalam Sistem Peradilan Agama. http://as.uinsgd.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Artikel-Mediasi-MMR-2014.pdf

Wijayanti Dan Endang Sri Indrawati , 2016. Hubungan Antara Konflik Peran Ganda Dengan Kepuasan Pernikahan Pada Wanita Yang Bekerja Sebagai Penyuluh Di Kabupaten Purbalingga Ade Tri. Jurnal Empati, April 2016, Volume 5.

https://www.andrianfebrianto.com/2019/10/sengketa-hukum-dan-penyelesaian.html

https://kbbi.web.id/sengketa

https://kbbi.web.id/konflik


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sakena : Jurnal Hukum Keluarga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.