Agama, Negara,Ekonomi Dan Kesejahteraan: Pemikiran Sjafruddin Prawiranegara (1911-1989)

Supardi Dwimaputra

Abstract


Tulisan adalah penelitian tokoh yang berusaha mengungkap dan mengkaji pemikiran seorang tokoh tentang hubungan agama negara ekonomi dan kesejahteraan, yaitu: Sjafruddin Prawiranegara. Difokuskan kajian dalam beberapa aspek di atas adalah lebih disebabkan karena beberapa alasan, pertama; setelah ditelaah tulisan-tulisan yang dituangkan oleh Sjafruddin dalam berbagai tempat dapat disimpulkan bahwa, topik pembahasannya ada dalam dua aspek, yaitu; aspek ekonomi dan aspek politik. Kedua; oleh karena semasa hidup beliau banyak berkecimpung dalam masalah perjuangan kemerdekaan dan setelah merdeka menduduki jabatan penting dalam pemerintahan dan ketatanegaraan. Dalam karyanya Sjafruddin lebih mendasarkan semua aktifitasnya dengan konsep-konsep agama yang dianutnya (Islam), misalnya dalam masalah politik, pemerintahan serta kebijakan-kebijakan pemerintahan dalam bidang ekonomi dan pembangunan bangsa. Metode analisa data yang akan dipakai dalam tulisan ini adalah deskriptif-analisis serta komparatif, yaitu mendeskripsikan pokok-pokok pikiran Sjafruddin Prawiranegara tentang Agama, Negara, ekonomi dan kesejahteraan sosial. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Pertama, Sjafruddin adalah seorang yang fanatis terhadap syariat Islam sekaligus moderat dalam memandang realitas kehidupan. Kedua dalam hal agama dan negara, Syafruddin berpendapat bahwa agama dan negara bersifat integralistik dan tidak bisa dipisahkan satu-sama lain, Ketiga, Sjafruddin berkomitmen kuat terhadap ajaran agama dan kemajuan bangsa, sehingga rela mengorbankan jiwa dan hartanya untuk kepentingan bangsa dan negara. Berdasarkan itulah Sjafruddin menyarankan konsep utama dalam usaha negara untuk mewujudkan stabilan ekonomi yaitu dengan ekonomi Islam, dengan menjaga pilar-pilar penting ekonomi dalam sebuaah negara yaitu, bank, uang dan mengurangi modal dan investasi asing dalam pembangunan.

Keywords


Sjafruddin Prawiranegara, Agama, Negara, Aspek Ekonomi, Kesejahteraan sosial

Full Text:

PDF

References


Abbas, A. (2013). Agama dan Kehidupan Ekonomi Menurut Sjafruddin Prawiranegara. Al-Iqtishad: Jurnal Ilmu Ekonomi Syariah, 5(1).

Ahmad, S. (2012). Hukum Tata Negara & Hukum Administrasi Negara: Dalam Perspektif Fikih Siyasah. Jakarta: Sinar Grafika.

Budiardjo, M. (2003). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Gramedia Pustaka Utama.

Hasan, F. K. (1993). Beberapa Azaz Metodologi Ilmiah, dalam Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Inu Kencana Syafiie. Filsafat kehidupan. Jakarta: Bhumi Aksara

Kartodirdjo, S. (1993). Pengantar sejarah Indonesia baru, sejarah pergerakan nasional. Jakarta: Gramedia.

Kartodirdjo, S. (1997). Metode Penggunaan Bahan Dokumen. Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Edited by Koentjaraningrat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Koentjaraningrat, S. (1980). Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT. Gramedia.

Madinier, R. (2013). Partai Masjumi: Antara Godaan Demokrasi & Islam Integral. Mizan.

Mustapa, H., & Syi'aruddin, M. A. (2020). Creative Understanding Dalam Progressivisme Pemikiran Islam Politik Syafruddin Prawiranegara (1911-1989): Sebuah Pendekatan Komunikasi. Politea: Jurnal Politik Islam, 3(1), 133-172.

Noer, D. (2005). KNIP: Komite Nasional Indonesia Pusat: parlemen Indonesia, 1945-1950. Yayasan Risalah.

Poesponegoro, M. D., & Notosusanto, N. (1984). Sejarah Nasional Indonesia (Vol. 6). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional, Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Sejarah Nasional.

Prawiranegara, S. (1957). Beberapa Catatan Tentang Uang. Jakarta: Gunung agung,

Prawiranegara, S. (1957). Tinjauan Singkat tentang Uang dan Bank Sentral. Jakarta: Gunung Agung.

Prawiranegara, S. (1967). Peranan Hak-Hak Azasi Manusia Dalam kehidupan Politik dan Ekonomi di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Prawiranegara, S. (1971). Al-Aqabah Pendakian yang Tinggi (Beberapa Pikiran tentang Pembangunan. Jakarta: Bulan Bintang.

Prawiranegara, S. (1975). Sejarah Sebagai Pedoman Untuk Membangun Masa Depan: Peranan Muʼjizat Dalam Perjoangan Kemerdekaan Bangsa Indonesia: Ceramah Pada Tanggal 30 Juli 1975 Di Gedung Kebangkitan Nasional Jakarta. Jakarta: Yayasan Idayu.

Prawiranegara, S. (1977). Islam Insya Allah Pasti Menang. Jakarta: Bulan Bintang,

Prawiranegara, S. (1978). Islam dilihat dari kaca mata Modern. Jakarta: Idayu Press.

Prawiranegara, S. (1986). Islam Sebagai Pedoman Hidup, Kumpulan Karangan Terpilih Jilid I. Jakarta: Inti Idayu Press.

Prawiranegara, S. (1988). Ekonomi dan Keuangan: Makna Ekonomi Islam, Kumpulan Karangan Terpilih, Jilid 2. Jakarta: CV. Hajimasagung.

Prawiranegara, S. (1988). Ekonomi dan keuangan: Makana Ekonomi Islam. Jakarta: CV Haji Mas Agung.

Prawiranegara, S. (1990). Tugas Pemerintah Darurat RI dalam PDRI Dikaji Ulang. Jakarta: MSI Pusat.

Rosidi, A. (1986). Sjafruddin Prawirangegara Lebih Takut Kepada Allah Swt: Sebuah Biografi. Jakarta: Inti Idayu Press.

Saepudin, D. (2017). Sosialisme Religius dalam Konsep Sjafruddin Prawinegara. JURNAL INDO-ISLAMIKA, 7(2), 255-264.

Subrata, S. (2006). Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo

Sudarjat, E. (2017). Syafruddin Prawiranegara Biografi Pemikiran Islam Indonesia.Depok: Komunitas Bambu.

Suprayogo, I., & Tobroni. (2001). Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wijaya, D. (2016). Islam dan Kekuasaan Orde Baru: Membaca Kembali Politik De-Islamisasi Soeharto. Jurnal Sosiologi Reflektif, 10(1), 63-84.

Wulandari, C. D. A. (2012). Peran Politik Sjafruddin Prawiranegara Tahun 1945-1961. Candi, 4, 241364.

Zed, M. (1997). Pemerintah Darurat Republik Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Zed, M., & Chaniago, H. (1999). PRRI dalam Perspektif Militer dan Politik Regional: Sebuah Reinterpretasi. Jurnal Studi Amerika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Saqifah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah