Penentuan Awal Bulan Dzulhijjah dan Puasa Arafah di Mekkah Serta Perbedaannya dengan Indonesia dalam Kajian Ilmu Falak

Rudi Hartono

Abstract


Penetapan awal bulan Dzulhijjah dan puasa arafah oleh pemerintah Arab Saudi lebih dahulu atau cepat satu hari dari yang dilaksanakan umat Islam Indonesia pada umumnya. Pelaksanaan puasa Arafah yang lebih awal dari ketentuan yang ditetapkan di indonesia oleh Menteri Agama RI berpengaruh kepada pelaksanaan hari raya Idul Adha. Perhitungan penetapan awal bulan qamariyah yang digunakan oleh Arab Saudi adalah berdasarkan Kalender Umul Qura. Namun khusus penetapan waktu ibadah seperti Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah mengunakan rukyat murni yang didasarkan persaksian orang yang adil tanpa perlu dilakukan uji sains terhadap kebenaran laporan tersebut. Sementara itu metode yang digunakan Pemerintah Republik Indonesia, adalah dengan cara rukyatul hilal, wujudul hilal, imakanur rukyat dan rukyat global dengan memakai teknologi yang super canggih. 


Full Text:

PDF

References


Bukhari, Imam. 1992. “Shahih Bukhari Juz III.” Lebanon: Darul Kutub.

Dahlan, Abdul Azis. 1996. “Ensiklopedi Hukum Islam.” Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve.

Muchlis, Usman. 1996. Kaidah-Kaidah Istimbath Hukum Islam: Kaidah-Kaidah Ushuliyah Dan Fiqhiyah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhammad ibn Ismail Bukhari, and Hussein Bahreisy. 1980. Hadits Shahih Bukhari: Himpunan Hadits Pilihan. Al Ikhlas, Surabaya.

Murtadho, Mohammad. 2008. Ilmu Falak Praktis. Malang: UIN Malang Press.

Nur, Nurmal. 1997. Ilmu Falak: Teknologi Hisab Rukyat Untuk Menentukan Arah Kiblat, Awal Waktu Shalat Dan Awal Bulan Qamariah. Padang: IAIN IB Press.

Ritonga, A Rahman, and Zainuddin Tanjung. 1999. Fiqh Ibadah. Edaran Kalam.

Sabiq, Sayyid. 1996. Fiqh Sunnah. Translated by

Mohammad Thalib. Vol. 4. 14 vols.

Bandung: Al Maarif.

Shiddiqi, Nourouzzaman. 1997. Fiqh Indonesia:

Penggagas Dan Gagasannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJTIHAD



Flag Counter 

Ijtihad Visitor 

Creative Commons License
Ijtihad by Fakultas Syari'ah UIN Imam Bonjol Padang is licensed under a Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)